Ta`aruf

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Bismillahirramanirrahim.

Kata pepatah para aktivis dakwah kampus bilang “Tak kenal maka ta`aruf” , gak kenal, makanya kenalan….., untuk lebih akrabnya, alangkah baiknya para pembaca budiman mengenal saya terlebih dahulu. Perkenalkan nama ana Syifa Salsabila. Ana merupakan anak ke tiga dari enam bersaudara. Ana terlahir dari Orang tua yang sangat menyayangi dan menyintai ana sejak kecil hingga saat ini. Keluarga ana sangat peduli terhadap pendidikan, wabil khusus pendidikan agama menjadi prioritas utama orang tua dalam mendidik buah hatinya. Mudah-mudahan Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufiqnya kepada kami sekeluarga, terutama Orang tua karena telah banyak jasa-jasa beliau terutama dalam mendidik anak-anaknya, sehingga alhamdulillah kami menjadi muslimah yang taat dan kaffah insya Allah.

Riwayat pendidikan ana, setelah menamatkan Sekolah Dasar, ana melanjutkan ke pesantren khusus putri. Karena waktu itu belum ada pendidikan Formalnya, maka ana sambil sekolah di SMP Muhammadiyah. Saat itu ana yang baru lulus SD sudah harus bisa bagi waktu antara belajar di Pesantren dan di pendidikan formal di SMP. Setelah lulus kemudian melanjutkan ke SMU N. Sejak itu ana berkeinginan untuk melanjutkan kuliah. Alhamdulillah semua pihak mendukung, dari keluarga, sekolah dan teman-teman sekelasku. Apalagi ana disekolah merupakan salah satu siswa yang selalu mendapat peringkat pertama sejak SMU dan mendapat beasiswa.

Kata sebagian orang masa-masa SMU itu adalah masa yang paling indah. Tapi bagi ana tidak, masa SMU adalah masa paling rawan, masa-masa itu adalah masa pencarian jati diri seseorang. Jika ia tidak dibekali dengan aqidah yang kuat maka ia akan cenderung mengikuti hawa nafsunya. Alhamdulillah sejak duduk dibangku SMU ana berazzam untuk tidak “pacaran”, yang mungkin di zaman ini sudah menjadi kebiasaan dan tradisi jahiliyah dikalangan muda-mudi, Na`udzubillah min dzalik. Ana senantisa berusaha untuk menjaga diri ketika bergaul (tapi bukan berarti kuper loh…..), baik disekolah maupun dikampus, karena tempat semacam ini banyak terjadi ikhtilat (campur baur antara laki-laki dan perempuan) yang memungkinkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ada satu pengalaman di SMU yang membuat ana sangat miris hatinya, yaitu ketika menjelang UAN. Untuk siswi yang berjilbab, wajib melepas jilbabnya ketika foto untuk ijazah. Hampir 50 % teman ana berjilbab, mereka semua akhirnya rela melepaskan jilbabnya demi mendapatkan selembar ijazah, naudzubillah min dzalik. Padahal ana sudah menasihati mereka supaya mereka konsekuen dan komitmen dengan keyakinannya , tapi rupanya rasa takut (tidak bisa kerja dan tidak bisa melanjutkan kuliah) yang kuat mengalahkan rasa takutnya kepada Allah sehingga memaksa mereka untuk memperlihatkan mahkotanya yang indah terurai (yang seharusnya khusus diperlihatkan kepada suaminya kelak). Saat itu hanya ana satu-satunya siswi yang mempertahankan identitas muslimahnya (jilbab). Berkat azzam (tekad) kuat dalam hati ana untuk memegang perintah Allah dan Rasulnya, ana rela menerima konsekuensi apapun dari sekolah. Bahkan saat itu ana juga mohon bantuan kepada guru agama ana, tapi tidak membuahkan hasil. Guru agama yang ana harapkan dapat membantu juga tidak bisa berbuat banyak, karena ini sudah menjadi keputusan kepala sekolah dan bahkan keputusan Depdiknas waktu itu. Kata pihak sekolah, kalo foto ijazahnya berjilbab, nanti susah cari pekerjaan dan melanjutkan kuliah. Kata ana itu hanya omong kosong, bukankah nasib seseorang semua sudah menjadi ketentuan-Nya, apalagi kalau kita mengamalkan apa yang Allah dan Rasulnya perintahkan, ini sudah jaminan Allah pasti akan memperoleh kemudahan dalam segala hal. “Intansurullaha Yansurkum Wayustabbit Aqdaamakum” , Barang siapa yang menolong agama Allah pasti Allah akan menolongnya dan akan menguatkan tekadnya. Terbukti setelah lulus justeru ana langsung diterima disebuah PTN yang cukup terkenal di Bandung. Serentak Kepala sekolah dan guru-guru yang mendengar merasa malu, karena ternyata ancaman yang datang kepada ana waktu itu hanya omong besar. Akhirnya berkat bimbingan dari orang tua ana bisa melewati masa muda dengan tetap menjaga dan menjunjung tinggi ajaran Islam yang mulia.

Akhirnya setelah lulus dari SMU, ana mengikuti UMPTN dan alhamdulillah diterima disalah satu PTN di kota kembang, Bandung. Nah, sejak awal-awal kuliah niat ana memang cari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah dalam waktu 4 tahun ana lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, walaupun tidak mendapatkan predikat cumlaude (cita-cita ana)…hehehe….tapi ana bangga karena walaupun selama kuliah ana tidak hanya sibuk dan berkutat dengan mata kuliah dan tugas-tugasnya (Study oriented), namun juga ikut dalam berbagai kegiatan atau organisasi di dalam kampus maupun diluar kampus, tapi bisa meraih predikat sangat memuaskan, ini prestasi tersendiri buat ana. Melalui kegiatan organisasi inilah ana menjadi lebih dewasa dalam berfikir, bersikap, berahkaq dan mampu menyelesaikan masalah dengan bijak.

Sekarang kegiatan ana adalah mengajar di sebuah pesantren yang merupakan pesantren tempat ana menimba ilmu dahulu. Ana memang senang mengajar, sejak SMU sudah mengajar TPA hingga saat ini juga ana mengabdikan dirinya untuk kemajuan Islam wal muslimin. Mengajar itu adalah profesi yang sangat mulia. Bukankah para istri-istri nabi dan para sahabiyah juga seorang pendidik (murrabbi). Yah….bagi seorang muslimah mungkin profesi ini sangat pantas disandangnya. Apalagi kelak nanti menjadi seorang Ibu. Dalam hadist “Al Ummu Madrasatun Ula”, Seorang Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Sudah menjadi kewajiban bagi muslimah untuk menjadi seorang pendidik. Mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan, kesabaran dan keistiqamahan kepada para muslimah dalam mengemban amanahnya sebagai seorang pendidik, baik dirumahnya maupun ditempat ia mengajar. Amiin. Wallahu `alam bish shawab

Wassalamu`alaikum warahmatullahi wabaratuh.

40 comments on “Ta`aruf

  • Assalammualaykum
    Sungguh senang bisa berkenalan dengan ukhti…
    Kalau boleh…, selain saya buka blog ini, mampir ya… di http://www.maaini.wordpress.com
    Mudah-mudahan persahabatan akan terbentuk diantara kita
    Jazakillah
    Wassalammualaikum
    Oya… buka ya… “10 hari berhijab” di pengalaman batin….mudah-mudahan bermanfaat

  • Assalamu’alikum. Wr. Wb.
    Semoga anti bisa menjadi seorang muslimah yang tangguh. Amiin.

    waalaikumsalam Wr. Wb.
    Jazakillah khair atas komentarnya, mudah-mudahan kita semua menjadi muslimah yang tangguh, militan dan pastinya mendapat ridha dari allah SWt. Amiin…..syukran yah atas kunjunganya…

  • Assalammualikum mbak,

    Tetap semangat dengan puasanya, jangan pernah berhenti ngeblog hanya karena puasa, semoga apa yang kita sampaikan ini bisa menjadi inspirasi buat yang lain.

    sukses terus buat mbak….

    Wassalam
    mang Shanny

  • Assalamu’laikum Wr.Wb
    Segala puju bagi Allah Tuhan semesta alam,sholawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad saw. ” Wahai manusia bertaqwalah kepada Allah dan jangan sekali kali kamu meninggalkan dunia ini dalam keadaan tidak islam” Wallahu ‘alam bishawab.

    Ukhti,
    Berjuanglah kamu untuk menegakkan agama Allah dengan apa yang kamu miliki,tanpa ada kata menyerah.Didunia ini tidak ada kata istirahat ,putus asa atau bahwakan cape, inilah kehidupan dunia karena bagi orang yang beriman tempat beristirahatan itu adalah akhirat.Kejar dalam berlomba lomba kebaikan.

    Ukhti,
    Teruskan dakwamu perjuangkan amar ma’ruf nahi mungkar dengan ilmu,harta dll,tentukan dengan itikad mencari ridho Allah,” Allahuma inna nas alukal ridhoka waljanah wana udzu bika min syakhotika wannar”.

    Ukhti,
    Kita semua manusia tidaklah tahu,diakhir hidup apakah Khusnul Khotimah atau sebaliknya. ” Allahu Robbi aku berlindung kepadaMu akan hal ini”.

    Ukhti,
    Tidak ada salahnya saya berkomtar tentang website ” http://www.shifasalsabila.wordpress.com untuk lebih baik lagi,tolong memuat tidak melulu berupa artikel,bisa juga tafsir quran

    Wassalamu’alaikum

  • assalamu’alaikum….

    subahanallah……kita do’a kan ya bersama-sama agar wanita islam selamat di dunia dan akhiran serta mendapat rahmat dan karunia dari Allah SWT.

    buat ukhti……tetap istiqomah yaaaaa selama ukhti tetap istiqomah PASTI ALLAH akan memberi jalan…..

    wassalam

    ahmad haikal

  • assalamu’laikum wr wb
    salam kenal juga dari ana, tapi af1, blog punya ana masih semrautan, belom sempat dibenahin. masih pelan-pelan.
    semoga ukhti mampu dan tetap memegang prinsip yang udah dipegang dari dahulu.
    bravo bagi mujahidah tangguh.
    wassalam

  • Selamat siang, apa kabar? Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin.

    Maaf nih, mang cuman mo kasih informasi aja, kalo sekarang ini ada program bisnis mlm baru dengan cara Syariah yang lebih hebat dan Insya Allah akan menjadi booming dalam satu bulan kedepan.

    Nama program ini adalah MPP Syariah, jaringan pemasaran pulsa elektrik berjenjang system Syariah dengan syarat dan ketentuan yang sangat mudah namun transparan serta sesuai ketentuan Syariah Islam yang membuat bisnis ini menjadi Halal dan Barokah

    Info lengkapnya bisa dilihat di blog mang disini atau dapat juga melihat detailnya di website http://mppsyariah.com

    Terima kasih
    wassalam
    Shanny Ratman

    • silakan pak JT, mudah2n sudi mampir kembali…….salam kenal juga dari kami…^_^, alhamdulillah kami dlm keadaan sht wal ‘afiat semoga anda juga demikian.

  • Asslmualaikum ukhti,sbhanallah sgGuh bgus n brmkna tiap kata yg tertUlis dlam artikel”antum smga bisa brmanfaat dan mjdi amal jariyah.amin n tetap smngat n brjuang ukhti mngkan agama ALLAH.ISLAM ALLAHU AKBAR.salam ta’aruf dri ana akhi_drajat,kalau brkenan mampir d fs ana drajat_prasetya@yahoo.com sykroN,Wa’alaikumsalam

    • wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh akhi fillah….Amiiin, insya Allah ana akan senantiasa berjuang demi Tegaknya Islam dimuka bumi ini..mohon doanya. insya allah klo sempat ana akan mampir ke fs antum..syukran wa jazakallah khairan atas kunjunganya ke blog ana…^_^

  • assalamu’alaikum waroh matullahi wabaroktuh
    aku kagum dengan perjuangannya dalam mmpertahankan ajaran agama islam, semoga allah melimpahkan rahmat dan hidayahnaya kepadamu dan semoga perjalanan mu untuk mempertahankan akhlaqul karimamu bisa dit tiru oleh semua muslimah sedunia aminnnnn.

  • Jazaakullah khairan, br aja anakku sms, ma photo ijzah boleh ga pke jilbab, kata guru nti susah krja di prushn asing n kujwb spt tulisn ini dg cnth spupuku yg brjilbb tp krja di perushn gas asing. Subhanallah

  • Minal aidin wal faidzin
    Subhanallah, cita-cita yg mulia mbak🙂
    Inilah contoh muslimah sejati, yang menjaga diri dan tetap istiqamah meski banyak tantangan di jaman yg kekurangan akhlaq dan moral sekarang ini. Teladan deh untuk murid-muridnya

    Tetap semangat mengajar yaa mbak, Jihad fisabilillah… Allahu Akbar

  • Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    Jujur ane suka banget baca tulisan2an di blog ini..
    Semoga Allah selalu memberikan anti nikmat sehat dan keisiqamahan yg kuat agar lebih banyak lagi bermanfaat untuk umat Aamiin..
    Izinkan juga hamba yg faqir ini menyebarkan tulisan inspiratif anti di akun @GAULtapi_ISLAMY dan media sosial lainnya.

    Jazakumullah khairan katsiran ahsanal jaza🙂

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh..
      Tafaddhol ya akhi kariim….
      Semoga tulisan2 yang ada di blog ini bermanfaat …:)
      Waiyyakum..

    • waalaikumussalam warhmatullah wabarakatuh…
      Aamiin ya Robb….
      Syukron wa jazakallah khair atas doanya…
      silahkan ambil saja tulisan2 yg ada di blog ana,,smoga mjd amal jariyah bagi ana kelak…aamiin.

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: